Sekilas Pokok-Pokok Kejadian yang Berkaitan dengan
“Program Bantuan Reformasi Polri”

April 1999

Keputusan pemerintah RI mengenai pemisahan Polri dari ABRI

Feb. 2000

Kapolri (waktu itu) Jend. Pol. Drs. Rusdiharjo mengajukan permintaan bantuan bagi usaha reformasi Polri kepada Dubes Jepang Kawakami.

Mei 2000

Kapolri Rusdiharjo mengunjungi Jepang, mengajukan permintaan akan bantuan bagi usaha reformasi kepada kalangan Pemerintah Jepang yang bersangkutan.

Juni - Juli 2000

Misi survei dari pihak Jepang (Chief Superintendent NPA Mr. Yamazaki dan rombongan) diutus ke Indonesia dalam rangka menanggapi permintaan dari pihak Polri.

18 Agus. 2000

Ketetapan MPR mengenai pemisahan Polri dari ABRI

Nov. 2000

Menkopolkam RI, Y. M. Susilo Bambang Yudhoyono, dalam kunjungannya ke Jepang mengajukan permintaan bantuan bagi usaha Reformasi Polri.

Feb. 2001

JICA (Japan International Cooperation Agency) mengirimkan tenaga ahli sebagai penasehat Kapolri yang diperbantukan untuk jangka panjang, Mr. Yamazaki. Penugasan ini sebagai tanda dimulainya bantuan pada reformasi Polri.

April 2001

Diskusi antara Kapolri, Jend. Pol. Bimantoro & Dubes Mr. Takeuchi

mengenai penegasan pemberian bantuan.

Juni 2001

Penjelasan mengenai Sistem dan Fungsi Kepolisian Jepang oleh Mr. Yamazaki dihadapan anggota DPR RI komisi I & II. Penjelasan ini dititikberatkan, baik pada Sistem Komisi Keamanan Umum dalam Kepolisian Jepang maupun Hubungan antara Kepolisian Jepang dan Pasukan Beladiri Jepang.

Agustus 2001

Surat Perintah Kapolri No. Pol.: Sprin/1665/VIII/2001 mengenai Pembentukan Working Group (Pokja) bagi bantuan Jepang untuk Reformasi Polri. Working Group yang pertama kali diadakan pada tanggal 5 September 2001. Working group dilakukan secara berkala (hingga saat ini adalah Working Group ke-50).

Januari 2002

Misi pertama untuk Survei Proyek datang ke Indonesia, Jend. Pol. Da’i p y g Bachtiar mengajukan permintaan bantuan untuk bidang Narkoba (dikirimkan Tenaga ahli jangka pendek, kemudian akan dilanjutkan dengan pengiriman tenaga ahli jangka panjang).

Januari 2002

Bantuan Reformasi Kepolisian Indonesia dibicarakan antara PM Koizumi dan Presiden Megawati pada kesempatan Kunjungan Kenegaraan PM Koizumi ke Indonesia.

Januari 2002

Derenbang Kapolri, Komjen Pol. Drs. Kadaryanto, berkunjung ke Jepang dalam rangka penyusunan anggaran Polri, melakukan peninjauan pada sistem penerimaan & pendidikan anggota polisi Jepang.

Mei 2002

Kapolri, Jend. Pol. Drs. Dai Bachtiar, bersama rombongan berkunjung ke Jepang. Berdiskusi dengan Mr. TANAKA, Kepala NPA (National Police Agency), mengenai penegasan Bantuan Reformasi Polri.

14-16 Juli 2002

Kepala NPA, Mr. TANAKA berkunjung ke Indonesia untuk berdiskusi dengan Kapolri, Jendral Dai Bachtiar, Menkopolkam, Bp. Susilo Bambang Yudhoyono, & Presiden RI, Ibu Megawati. Beliau mendapatkan Bintang Bhayangkara Utama dari Presiden Megawati.

1 Agustus 2002

Dimulainya Proyek Bekasi (Proyek Peningkatan Aktivitas Polisi Sipil).

23-25 Juni 2003

Kunjungan Kenegaraan Presiden RI, Megawati, ke Jepang didampingi oleh Kapolri, Jend. Pol. Drs. Dai Bachtiar. Berdiskusi dengan Mr. Sato, Kepala NPA, Mr. Tanaka, mantan Kepala NPA, Mr. Kawakami, Presiden JICA. Kapolri mengajukan permintaan penempatan Penasehat untuk Kapolda Bali.

20-23 Juli  2003

Kunjungan Mr. Tanaka (mantan Kepala NPA) ke Indonesia. Beliau menjadi Keynote Speaker dalam Seminar yang diselenggarakan oleh JICA dan memberikan ceramah di hadapan para pejabat Polri. Selain itu Beliau juga meninjau Proyek Bekasi di Polrestro Bekasi

Februari 2004

Kepala NPA, Mr. URUMA datang ke Indonesia dalam rangka menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Anti-Terror di Bali. Kemudian diadakan pertemuan dengan Kapolri & Kapolda Bali mengenai program bantuan pada Polda Bali.

Juli 2004

Mr. Shigeta, Penasehat di bidang Evaluasi Kebijakan, Sekretariat NPA, berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri Perayaan HUT Bhayangkara Polri ke-58.

17 Sept. 2004

Bantuan Hibah ke-1, “Peningkatan Polisi Sipil (Enhancement Civilian police) Polri”. Penandatanganan Nota Diplomatik senilai 518 juta Yen(sekitar US$4,7 juta atau Rp 43,4 miliar), dengan rincian sbb.:

1. Bidang Communication Control and Command:503 unit HT, 86 unit Stationer(termasuk GPS), dll.

2. Bidang Identifikasi Kriminal: Peralatan identifikasi kriminal di lapangan, mesin pencuci negatif film, dll

3.     Bidang Narkoba : Test kit narkoba sebanyak 400 set.

Maret 2005

Waka NPA Jepang, Mr. Yoshimura, berkunjung ke Indonesia. Melakukan kunjungan kehormatan pada Kapolri, Jend. Pol.Drs. Da'i Bachtiar, menghadiri Seminar Kerja Sama Indonesia–Jepang dalam Meningkatkan Profesionalisme Polri, mengunjungi Proyek Bekasi, jumpa pers, dll.

12 Juli 2005

Presiden JICA, Mrs. OGATA Sadako mengunjungi di Polrestro BekasiProyek Bekasi.

09 Juli 2005

Mr. UEMATSU Shinichi, SuperintendentSupervisor (KomjenPol.) NPA diutuskan sebagai penganti Mr. Yamazaki. Proyek Bali (Proyek Peningkatan Aktivitas Polisi Sipil (Polisi Pariwisata) di Polda Bali) mulai.

31 Juli–5 Agus.

2005

Mr. Shigeta, Penasehat di bidang Evaluasi Kebijakan, Sekretariat mengunjungi Indonesia untuk bertukar pendapat/diskusi dengan Derenbang, Desumdaman, Kapolda Metro Jaya, Dir. Narkoba, Kalakhar BNN, dan Kapolda Bali.

15 Sept. 2005

Bantuan Hibah ke-2, “Pembangunan Kapasitas/Peningkatan Kemampuan (Capacity Building) Polri”. Penandatanganan Nota Diplomatik senilai 419 juta Yen (sekitar US$ 4,05 juta atau Rp 40,8 miliar), dengan rincian sbb.:

1.     Pembangunan 11 unit KOBAN SET (4 unit BKPM di wilayah Polres Mettro Bekasidan 7 unit BKPM di wilayah Polres Bekasi).

2.  Alat–alat identifikasi kriminal/Olah TKP; peralatan investigasi yang dilengkapi oleh kamera CCD, fiber scope, dll.

3.  Peralatan untuk mendukung investigasi tindakan terorisme, Mobile Command Van, sistem radio komunikasi skala kecil, dll.

23 Januari 2006

Penandatanganan RD (Record of Discussion) Proyek Peningkatan Aktivitas Polisi Sipil (Polisi Pariwisata) di Polda Bali.

08 Maret 2006

Upacara Peringatan Selesainya Bantuan Hibah ke 1 kepada Polri, dilaksanakan di Ruang rapat utama Mabes Polri dipimpin oleh Kapolri Jend. Pol. SUTANTO dan dihadiri oleh para pejabat tinggi Polri, dan Kapolda seluruh Indonesia. Pemerintah Jepang diwakili oleh Dubes Jepang untuk Indonesia, Y.M. Mr. IIMURA Yutaka.

14 April 2006

Penandatanganan kontrak antra Polri dan suplier yang ditentukan melalui tender mengenai Bantuan Hibah ke-2

20 April 2006

Wakapolri Drs. Adang Daradjatun dan para tinggi yang terkait dari Mabes Polri meninjau Proyek Bekasi,  berkunjung ke Polres Metro Bekasi, Laboratorium Identifikasi Kriminal, Communication Command Center, BKPM ( Polwan) Mekar Sari, dan BKPM Mal.

24-26 Juli 2006

Yang Mulia KUTSUKAKE, Ketua Komisi Keamanan Umum Nasional (Menteri Negara) bertemu dengan Wakil Presiden Yusuf kalla, Menkopolhukam Widodo, Kapolri Jenderal Sutanto, serta meninjau Proyek Bekasi.

13-14 Sept. 2006

Pelaksanaan Seminar “Budaya Perilaku Anggota POLMAS di Wilayah Tempat Bertugas” (Mr.Takeuchi, Direktur Divisi Internasional, NPA, datang untuk berpartisipai di Seminar.)

8 Nov. 2006

Komisi DPR mengunjungi Polres Metro Bekasi mengenai pelaksanaan Proyek Bekasi.

8 Des. 2006

Mr. YAMAZAKI, Director General Foreign Affairs and Intelligence Department NPA (mantan Penasehat Kapolri & Program Manager) mengunjungi Proyek Bekasi.

11-30 Jan. 2007

Tim Evaluasi Akhir terhadap Proyek Bekasi datang; dengar pendapat dari Polri dsb., perundingan/pembahasan dalam Pokja Polri-JICA (ke-49 & 50). Penandatanganan “Minutes of Meeting” dan kunjungan kehormatan kepada Wakapolri Komjen Pol. Drs. Makbul.

Mei – Juli 2007

Tim Survei telah/akan datang untuk berunding dengan Polri mengenai kerangka kerja dari Program Bantuan Reformasi Polri & Penandatanganan RD

1 Agustus 2007

Dimulainya Proyek Bekasi Tahap II


Sekilas Pokok-Pokok Kejadian yang Berkaitan dengan
“Program Bantuan Reformasi Polri” (Tahap-Ke2)

1 Agustus 2007

Dimulainya Proyek Bekasi (Tahap2)

1-2 Agustus 2007

Mr. Hiroto YOSHIMURA, Wakil Kepala NPA Jepang datang ke Indonesia (31 Juli ) menghadiri upacara peringatan Proyek Bekasi bertemu dengan Juli-), untuk Bekasi, Kapolri, Jend. Pol. Drs. Sutanto, dll.

7 Agustus 2007

14 (empat belas) unit BKPM di ditetapkan sebagai organisasi yang Bekasi resmi (Keputusan Kapolri)

10 Agustus 2007

Ikatan alumni yang pernah Sakura Indonesia (ISI) dibentuk secara resmi oleh mengikuti pelatihan di Jepang dalam rangka Program JICA (Pokja ke-53)

9 Sept. 2007

Peserta “Pelatihan Pelatih Inti Polwan Mabes Polri dan Jajaran Polda se-10 Indonesia” meninjau Proyek Bekasi

10-14 Sept. 2007

Mr. Masasuke OMORI, Anggota Komisi Keamanan Umum Nasional Jepang, menghadiri seminar Kompolnas bertemu dengan Menkopolhukam Widodo Kompolnas, MenkopolhukamWidodo, Kapolri Jenderal Sutanto, serta meninjau Proyek Bekasi dan Proyek Bali.

29 Okt. 2007

Mr MIYAKOSHI Mr. Kiwamu MIYAKOSHI, Kepala Institusi Penilitian dan Pelatihan Internasional NPA Jepang, meninjau Proyek Bekasi

5 Nov. 2007

Tim Evaluasi untuk Bantuan Pembangunan Resmi (ODA) bagi Indonesia meninjau Proyek Bekasi

8-14 Nov. 2007

Mr. Hiroto YAMAZAKI, Kepala Dir. Urusan Luar Negeri dan Intelijen NPA Jepang, bertemu dengan Kapolri Jenderal Sutanto, meninjau Proyek Bekasi, dll.

16 Nov. 2007

Pelaksanaan Pokja ke-55 antara Polri dan Program JICA (Laporan hasil kegiatan Program terkini)

22 Nov. 2007

Mr. Naoto TAKEUCHI, Program Manajer JICA dan Penasehat Kapolri, mengikuti Seminar di SESPIMPOL sebagai narasumber

18, 27 Des. 2007

Pelaksanaan Pelatihan Polwan di Polda Bali dengan mengikutsertakan tenaga ahli

Jepang, Kapolsek, anggota BKPM, anggota FKPM di Bekasi anggota narasumber

29 Feb.2008

Dimulainya kegiatan “Zemi” (kuliah khusus kelompok kecil) bagi Mahasiswa PTIK oleh Mr Motoyuki SUZUKI, Tenaga Ahli Bidang Polmas PTIK

1-9 Maret 2008

Pelaksanaan “Counterpart Training” di Jepang untuk Proyek Bekasi (Dua Kapolres, Bupati, dkk.) dan Proyek Polmas di PTIK (Gubernur, dkk.)

1-4 Maret 2008

Mr. Hiroto YAMAZAKI, Kepala Dir. Urusan Luar Negeri dan Intelijen NPA, bertemu dengan Kapolri Jenderal Sutanto, dll.

13 Maret 2008

“Rapat Koordinasi Kajian POLMAS” dilaksanakan oleh Biro OrtalaS Derenbang dan Program JICA di Cisarua – Bogor.

16-20 Mar. 2008

Kapolri Jenderal Sutanto mengunjungi Jepang dalam rangka Program JICA, bertemu dengan Kepala NPA (Mr. YOSHIMURA), Ketua Komisi Keamanan Umum (Mr. IZUMI), Wakil Kepala JICA (Mr. OHSHIMA), meninjau Koban / Chuzaisho, dll.

25-27 Mar. 2008

Pelaksanaan Pelatihan bidang Polmas bagi para Kabag Binamitra dan Staf Polres di Jajaran Polda Metro Jaya, bertempat di Bekasi

4 April 2008

Rapat tentang naskah baru bagi Polmas dilaksanakan di Polres Metro Bekasi oleh Staf Ahli Kapolri Bidang Sosek

20-23 Mei 2008

Mr. Akihiro OHGISAWA, Kepala Kerjasama Internasional NPA, bertemu dengan Derenbang Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Tjuk Sugiarso, serta meninjau Proyek Bekasi dan Proyek Bali

26-28 Mei 2008

Siswa-siswa Institut Pelatihan Tertinggi untuk Para Pemimpin Penyidikan (Highest Training Institute for Investigation Leaders) NPA-Jepang mengunjungi PTIK, meninjau Proyek Bekasi dan Proyek Bali

28 Mei 2008

Mr. Naoto TAKEUCHI, Program Manajer JICA dan Penasehat Kapolri, memberikan pembekalan siswa-siswa SESPATI Dikreg ke-14 dalam KKLN (Luar Kuliah Kerja Negeri) di Jepang

13 Juni 2008

Situasi “Program Bantuan Reformasi Polri” diperkenalkan oleh Mr Pertemuan G 8 Menhukam Mendagri  Mr. TAKEUCHI di G-Menhukam-(Tokyo)

24 Juni 2008

Pelaksanaan Pokja ke-56 antara Polri dan Program JICA (Laporan hasil kegiatan 13 Program terkini)

27 Juni 2008

Mr. Kojiro SHIOJIRI, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, meninjau Proyek Bekasi

8 - 10 Juli 2008

Pelatihan bagi Kapolsek dari setiap Polres di Jajaran Polda Metro Jaya, yang dilaksanakan di Bekasi

11  Juli 2008

Mr. Naoto TAKEUCHI, Program Manajer JICA dan Penasehat Kapolri, memberikan pembekalan bagi Peserta “Pelatihan Polmas bagi Tomas Se- Indonesia” yang akan mengunjungi Jepang

21 Juli 2008

Pelaksanaan laporan hasil kegiatan “Pelatihan Polmas bagi Tomas Se-Indonesia” dihadapan Kapolri, Wakapolri, dan masing-masing Kapolda, dkk.

21-23 Juli 2008

Mr. Mitsuaki IWASE, Kepala Dir. Urusan Luar Negeri dan Intelijen NPA Jepang, bertemu dengan Wakapolri, Komjen. Pol. Makbul Padmanagara, meninjau Proyek Bekasi, dll.

28-29 Juli 2008

Pelaksanaan kegiatan SIMPOSIUM ISI “Penyusunan Program Pendidikan Masyarakat Patuh Hukum Renstra Polri 2010–14” di SELAPA

30 Juli – 2

Agustus 2008

Mr. Takaharu ANDO, Wakil Kepala NPA Jepang, bertemu dengan Wakapolri, Komjen. Pol. Makbul Padmanagara, menghadiri upacara peringatan Proyek Bekasi, meninjau Proyek Bali, dll.

13 Agustus 2008

Pokja Khusus bagi Bidang Identifikasi antara Polri dan Program JICA dilaksanakan untuk pertama kali

25 Agustus 2008

Laporan satu tahun hasil kegiatan Program JICA (Tahap II), kepada Kapolri Jenderal Sutanto

16-19 Sept. 2008

Mr. Toshihiko KASAHARA, Kepala Divisi Urusan Internasional NPA Jepang, bertemu dengan Kabareskrim, Komjen. Pol. Bambang Hendarso Danuri sebagai calon baru meninjau Bali dll. Kapolri baru, Proyek Bekasi dan Bali, dll.

6 -10 Okt. 2008

Pelaksanaan Pelatihan bagi Peserta “Studi Banding di Jepang” ke 8  Jepang ke-(12 Oktober - 15 November) di PPEI - Jakarta

17 Oktober 2008

Mr. Naoto TAKEUCHI, Program Manajer JICA dan Penasehat Kapolri, memberikan ceramah di Universitas Indonesia

1-9 Nov. 2008

Pelaksanaan Indonesia Jepang Expo 2008 di PRJ, dimana didirikan juga sebuah BKPM tiruan yang diawaki oleh Polwan Polres Metro Bekasi

6 Nov. 2008

Pelaksanaan Rapat untuk mendiskusikan bantuan tindak-lanjut kegiatan anggota ISI (Ikatan Sakura Indonesia).